Membuat Laporan Inventori pada Excel

 Membuat Laporan Inventori pada Excel.

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan inventori suku cadang yang prinsipnya

dapat digunakan untuk mencatat komponen produk apapun.

 

1. Buat judul untk tabel inventori ini, nama perusahaan, serta tanggal pencatatan inventori ini.





2. Tabel inventori dibuat dalam dua kelompok satu tabel, buat sisi kiri terlebih dahulu.









3. Salin sisi kiri ini dengan memilih semuanya, lalu klik kanan pilih menu copy










4. Kemudian letakkan di sisi kanan dengan klik kanan dan pilih menu paste.











5. Beri tambahan kolom Total untuk menjumlah semua hasil dari nlai inventori.







6. Kita bisa memasukan nomor part disisi kiri.










Selanjutnya masukan nomor part di bagian sisi kanan.









8. Isi jumlah dari masing-masing part atau produk di kolom Jumlah












9. Kemudian isi kolom harga  yang menjelaskan harga dari masing-masing produk.











10. Untuk kolom harga, format dengan pemformatan uang dengan klik pada RP Indonesia di tab home.

11. Hasilnya kolom harga akan memiliki tanda rupiah seperti berikut.

12. Dengan cara yang sama, kolom TOTAL juga bisa diberi pemformatan RP INDONESIA.

13. Hitung nilai total dari produk dengan mengalikan harga dengan jumlah. Kita dapat menggunakan formula SUM.









14. Salin formula TOTAL ini ke bawah.









15. Untuk sisi kanan, caranya sama, hitung nilai total produk dengan mengalikan jumlah dan harga.




16. Salin fungsi ini ke bawah.










17. Hitung sub total untuk fungsi kiri, yaitu menggunakan SUM untuk menghitung nilai total dari kolom TOTAL.










18. Hitung juga nilai sub TOTAL untuk bagian kanan.











19. Hitung nilai keseluruhan dari inventori ini dengan menjulahkan sub TOTAL sebelah kiri dengan sub TOTAL bagian kanan sehingga diperoleh nilai total keseluruhan dari stok inventori yang ada.










20. Maka nilai total dari semua produk yang ada di inventori akan terlihat di sel TOTAL.



   

Komentar