Cara membuat Neraca Keuangan di Excel
Neraca atau laporan posisi keuangan (balance sheet/statement of financial position)
Adalah bagian dari laporan keuangan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode.
Neraca terdiri atas 3 unsur : Aset, liabilitas dan ekuitas yang dihubungkan dengan persamaan akuntansi berikut :
Aset = Liabilitas + Ekuitas
Berikut ini langkah-langkah dalam pembuatan neraca keuangan :
1. Buat judul, nama perusahaan, dan aset. Aset ada 2 jenis yaiitu aset lancar/sekarang, dan aset jangka panjang. Kita buat tabel untuk aset sekarang terlebih dahulu.
2. Masukan tahun di sebelah kanan tulisan Asset
3. Buat formula untuk menambahkan tahun dengan +1 di sisi kanan.
4. Lalu salin formula tersebut ke kanan.
5. Tentukan beberapa jenis asset lancar, atau asset sekarang. Pada daftar yang tersedia
6. Masukan nilai-nilai aset ini untuk tiap tahun yang ada.
7. Tambahkan total aset lancar dengan menggunakan SUM untuk tahun pertama.
8. Salin menu SUM ini ke kanan untuk menghasilkan jumlah asset lancar ke semua tahun.
9. Semua total aset sekarang akan terbuat.
10. Masukkan asset jangka panjang/asset tetap.
11. Isi detail dari nilai asset ini untuk semua tahun
12. Buat fungsi SUM yang menjumlahkan asset tetap.
13. Salin fungsi SUM ini ke kanan hingga semua tahun untuk Asset tetap terjumlahkan.
14. Lihat bagian Total Asset. Ini akan menjumlahkan Asset sekarang dengan Asset tetap. Kita bisa membuat formula untuk menjumlahkan Total asset sekarang dengan Total asset tetap.
15. Salin ke samping kanan, maka Total asset akan terlihat.
16. Selanjutnya buat tabel Kewajiban/Liability dan masukan item-item current liability atau kewajiban lancar.
17. Isi nilai-nilai dari kewajiban lancar yang anda miliki.
18. Buat rumus untuk menghitung kewajiban lancar, kita bisa membuat SUM kemudian memilih sel-sel di kewajibann lancar.
19. Salin rumus penjumlahan kewajiban lancar ini ke kanan.
20. Jumlah kewajiban lancar untuk semua tahun akan terlihat.
21. Buat kategori kewajiban lain, misalnya kewajiban jangka panjang.
22. Isi nilai-nilai untuk kewajiban jangka panjang.
23. Buat fungsi SUM untuk menjumlahkan kewajiban jangka panjang.
24. Salin fungsi SUM ke kanan, sehingg semua tahun akan terhitung jumlah kewajiban jangka panjangnya alias long term liabilities.
25. Masukan kategori Ekuitas Shareholder dan isi nilainya untuk tiap tahun yang ada di neraca.
26. Buat rumus untuk menghitung saldo laba yaitu total asset dikurangi semua kewajiban/liabiloties dan dikurangi dengan modal kapital
27. Salin rumus ke kanan untuk menghitung saldo laba untuk semua tahun.
28. Kita bisa menghitung semua total ekuitas shareholder dengan menjumlahkan modal kapital ditambah saldo laba.
29. Salin rumus, maka total ekuitas untuk sharesholder akan terbuat.
30. Sekarang buat rumus untuk menjumlahkan total kewajiban dan ekuitas.
31. Salin rumus ke kanan untuk menjumlahkan total kewajiban dan ekuitas di semua tahun.
32. Maka jumlah total ekuitas dan kewajiban untuk semua tahun akan terlihat.
Komentar
Posting Komentar